Pages

Rabu, 16 Mei 2012

PENERAPAN PRODUK NU GREENTEA DENGAN 4P


       I.            PENGHUBUNGAN PRODUK DENGAN 4P
Ø  Penerapan Produk Nu Green Tea ke dalam Konsep Dasar Pemasaran “4P Marketing Mix”
            Dalam memasarkan suatu produk harus ada konsep yang terdiri dari beberapa factor yang saling mendukung, yaitu 4P yang diperkealkan oleh Jerome McCarthy yang kemudian dipopulerkan oleh Philip Kotler, 4P tersebut terdiri dari:
A.    Product
Bukan hanya kualitas produk/service yang diberikan atau kecanggihan teknologinya, tetapi kemasan yang menarik/wrapping, tepat fungsinya sesuai kebutuhan target, dan kemudahan penggunaan produk. Dalam hal ini konsumen menyukai Nu Green Tea memang karena rasa yang enak, factor tersebut merupakan atribut yang penting bagi konsumen, sehingga konsumen menyadari bahwa produk tersebut sangat bisa dinikmati, tidak hanya besar manfaatnya untuk kesehatan, tetapi juga sesuai dengan selera konsumen Indonesia. Nu Green Tea mampu mengeluarkan produk yang berbeda dengan produk yang sebelumnya sudah ada dipasaran. Selain itu wrapping Nu Green Tea juga dikemas secara menarik.
B.     Place
Dimana produk/service tersebut dapat diperoleh/dibeli. Hal tersbut berkaitan dengan pemilihan saluran distribusi yang tepat, sebagai contoh produk yang eksklusif tentu akan dijual ditempat yang berbeda dibanding produk massal.
Dalam hal distribusi, Nu Green Tea mampu meng-cover semua channel, terutama modern, general trade, on premise channel dan food service, institution, sampai pada tingkatan outlet rombongan. Di sejumlah on premise channel, NuGreen Tea bahkan meyediakan kulas/cooler dengan branding Nu Green Tea. Produk tersebut telah tersebar di seluruh Indonesia baik pasar besar maupun warung eceran sehingga konsumen akan sangat mudah untuk memperolehnya.
C.     Price
Setting harga yang tepat dan sesuai dengan target marketnya, bukan harus semurah mungkin, namun harga harus sesuai denan kondisi persaingan dan juga positioning dari produk tersebut. Misalnya perbedaan harga tiket pesawat “Full Service” (Garuda, SQ) tentu berbeda dengan harga tiket pesawat “Low Cost Carrier” (Air Asia, Lion Air). Dari sisi harga Nu Green Tea cukup kompetitif dan cukup terjangkau, yaitu dijual degan harga kisaran Rp 3.500,- s/d Rp 4.000,- (untuk kemasan 500ml) dan Rp 2.500,- s/d Rp 3.000,- (untuk kemasan 300 ml).
D.    Promotion
Produk/service haruslah diperkenalkan ke target market dengan cara dan saluran yang tepat. Tidak harus memakai iklan, namun dapat juga melalui internet, komunitas, mulut ke mulut, PR, event, in-store display, dan lain-lain. Semua strategi promosi harus terencana dan terintegrasi dengan baik sehingga tidak salah sasaran
.

0 komentar:

Posting Komentar