Pages

Selasa, 15 Mei 2012

penerapan produk 4P


4.3.1        Bauran Pemasaran di PT. Saranasangga Mekarluhur pada Produk
               Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dan dibeli sehingga digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan yang bersangkutan. Produk disini yaitu produk minuman ringan Friut Tea. Produk Fruit Tea merupakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini dengan cara menawarkan rasa yang baru yaitu rasa teh yang dicampur dengan bermacam-macam rasa buah-buahan. Dimana produk tersebut diharapkan dapat diterima oleh para konsumennya sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak lagi setelah perusahaan mengeluarkan produk yang pertama yaitu produk Teh Botol Sosro. Hal ini merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap semua jenis produk yang dikeluarkan oleh perusahaan.



4.3.2        Bauran Pemasaran di PT. Saranasangga Mekarluhur pada Harga
               Harga disini adalah jumlah nilai yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga yang ditetapkan oleh perusahaan dari produk Fruit Tea tersebut sudah  dapat terjangkau oleh segmen pasar yang telah ditentukan.
               Dalam hal ini perusahaan sudah tidak perlu lagi untuk menaikkan harga yang sekarang ditetapkan karena harga yang sekarang sudah dibilang ideal. Jika perusahaan menaikkan harga produk Fruit Tea maka para pelanggan mungkin akan merasa keberatan dan hal ini akan mengakibatkan larinya para pelanggan dari produk ini dan akan beralih pada produk pesaing lainnya.

4.3.3        Bauran Pemasaran di PT. Saranasanggan Mekarluhur pada Distribusi
                Distribusi adalah suatu sistem perpindahan barang/jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Pada hal ini perusahaan menggunakan saluran distribusi tidak langsung karena perusahaan ini menggunakan jasa perantara dan agen untuk menyalurkan produk-produknya sampai ke tangan konsumen.
                Saluran distribusi yang telah dibuat oleh PT. Saranasangga Mekarluhur sudahlah cukup baik karena cabang-cabang kantor, agen-agen atau perantara yang sudah terjalin ada di hampir setiap daerah sehingga para pelanggan mudah dalam pemesanan produk-produk khususnya produk Fruit Tea. Ini membuktikan bahwa saluran distribusinya lebih efektif dan efisien baik itu dalam waktu dan biaya transportasi, sehingga perusahaan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

4.3.4        Bauran Pemasaran di PT. Saranasangga Mekarluhur pada Promosi
                Promosi adalah suatu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar diterima oleh konsumen. Bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan untuk produk Fruit Tea yaitu hanya lewat periklanan (Advertising), penjualan tatap muka (Personal Selling) dan melakukan publisitas.
               Kegiatan periklanan dilakukan melalui media komunikasi seperti radio, surat kabar, majalah, spanduk, dan televisi. Dan promosi yang dilakukan ini sudahlah cukup menarik untuk mengambil perhatian konsumen. Pada penjualan tatap muka, biasanya perusahaan mendatangi para calon agen atau perantara dan menawarkan produknya itu sehingga bisa langsung untuk memesan produk itu sendiri. Dalam publisitas, produk Fruit Tea melakukan hubungan dengan pihak luar seperti menjadi sponsor pada acara-acara tertentu misalnya acara kreasi musik dan lain-lain. Hal ini terlihat bahwa promosi yang dilakukan sudah cukup baik namun bila diadakan promosi penjualan dengan memberikan hadiah langsung dalam pembelian tertentu sehingga dapat lebih menarik para pelanggan untuk membeli produk Fruit Tea tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar